Bosan dengan Wisata Kota? Kunjungi Curug Lawe Benowo di Ungaran, Ini Daya Tariknya!

 

sumber: Kompas.com/ ANGGARA WIKAN PRASETYA

Apakah Anda sedang berada di Semarang? Jika sedang berada di Semarang dan bosan dengan wisata kota yang ramai, Kabupaten Semarang bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk healing dan istirahat dari hiruk pikuk kota. 

Dibandingkan di daerah Semarang, Kabupaten Semarang seperti Ungaran menyimpan banyak obyek wisata alam dengan udara yang masih asri dan segar, salah satunya adalah Curug Lawe Benowo di Ungaran. 

Destinasi wisata alam satu ini, sangat cocok untuk Anda yang ingin olahraga sambil menghirup udara segar dan bermain air dari sumber air yang sejuk. Tak hanya itu saja, Curug Lawe Benowo juga memiliki pemandangan menakjubkan yang Instagramable lho!

Sebenarnya, Curug Lawe Benowo adalah dua curug yang berbeda, yaitu Curug Lawe dan Benowo. Kedua air terjun kecil ini memiliki pesona yang berbeda dan berada di tempat yang cukup dekat, meskipun tidak berdampingan. 

Apa sih daya tarik dari Curug Lawe Benowo di Ungaran ini? Simak penjelasannya lebih lanjut ya!

Daya Tarik Curug Lawe Benowo di Kabupatan Semarang


Curug Lawe Benowo
sumber: Instagram.com/ @bagus.ark

Curug Lawe dan Curug Benowo adalah dua air terjun kecil di Kalisidi Ungaran yang berada di satu lokasi, kedua curug ini tidak berjejeran, tetapi keduanya berdampingan. Ada perbedaan ketinggian antara Curug Lawe dan Benowo. 

Curug Lawe memiliki tinggi sekitar 30 meter, sementara itu Curug Benowo diperkirakan memiliki tinggi sekitar 40 meter. 

Kawasan dari kedua curug ini masih cukup asri, karena dikelola oleh Perhutani Hutan di kawasan yang masih dilindungi. Oleh karena itulah, pastikan bahwa Anda sebagai pengunjung tidak memetik tanaman atau mengganggu kawasan asri di Curug Lawe Benowo. 

Daya tarik lain dari kawasan ini adalah Anda bisa melihat Lutung, hewan asli dari kawasan hutan ini jika beruntung! Jika ingin melihat Lutung di Curug Lawe Benowo, Anda bisa mengunjungi curug ini pada sekitar pukul 06.00 WIB atau 16.30 WIB hingga menjelang waktu maghrib. 

Tak hanya alamnya saja, ada jembatan panjang yang terbuat dari kayu di area menuju Curug Lawe Benowo yang sering disebut sebagai Jembatan Romantis dan jadi spot Instagramabel seperti foto di bawah ini!

sumber: Instagram.com/ @bayumohamad8

Selain jembatan merah, ada juga spot lain seperti akar O atau akar cincin. Jika tidak suka foto-foto, Anda bisa sekadar menikmati pemandangan alam sambil main air dan membawa bekal makanan untuk piknik di area Curug Lawe Benowo. Jangan lupa, bawa turun sampah yang Anda bawa dan tetap jaga kebersihan!

Harga Tiket dan Jam Buka Curug Lawe Benowo

sumber: Instagram.com/ @kang_jaka_

Sebelum mengunjungi Curug Lawe Benowo, pastikan bahwa Anda berkunjung tidak di musim hujan demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti banjir bandang atau longsor. Selain itu, pastikan untuk tidak berenang di bawah curug karena debit air yang cukup tinggi. 

Jika tertarik mengunjungi Curug Lawe Benowo, Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 8.000 per orang untuk membayar tiket masuknya, sementara itu tarif parkir dipatok mulai Rp 3.000 untuk motor sedangkan mobil Rp 5.000. 

Destinasi wisata Curug Lawe Benowo ini bisa dikunjungi mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, sementara itu maksimal keluar dari daerah kawasan Curug Lawe Benowo adalah pada pukul 16.00 WIB. 

Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan melalui akun Instagram @curug_kalisidimoreclean. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak SMK

Pesona Keindahan Candi Gedong Songo, Mitos, Legenda dan Keunikannya