3 Tahun di Klaten

Assalamualaikum 

Khansa mengejar ambisinya ~ 
setelah lulus dari SMP di salatiga, seperti kalian tahu aku melanjutkan SMK di Klaten. Iya, pergi lagi dari rumah.

Dulu, waktu masih polos aku kemana-mana jalan (iya biasa aja bacanya, emang gabisa naik motor aku mah) sendirian pula dan setiap keluar pasti habis maghrib kalo, pulang sekolah kerjaan cuma main HP sama NB. Udah kaya kalong emang kalo keluar malem mulu. Itu kelas satu, anak kalem yang pendiem dan kurus itu hampir gak pernah makan dan sering bolos sekolah dengan alasan sakit. sempet nangis-nangis lebay minta dipindahin sekolah. Dulu, aku gak ngerti kenapa orang tua ku gak bolehin sekolah di Solo. Dulu juga, setiap pulang seminggu sekali dan bis ngelewatin sekolah idaman suka mau nggembeng gitu (lebay emang). Kelas satu, khansa ini dikenal anak yang kalem,pendiem,mandiri,kurus dan sakit-sakitan. 

Kelas dua, karena gak mau terus berharap bakal dipindahin sama orangtua, khansa harus move on dan mulai mengejar ambisinya. Jadi anak boga yang gak tau basic masak sama sekali, gak tau kalo kentang itu bisa browning dan berubah warnanya dan bakal bikin tampilan masakan jadi jelek kalo gak direndam setelah dikupas. Gak tau juga, ternyata jadi anak boga itu perlu nyeni. Entah itu dari cara motong sayurannya yang harus pas tanpa penggaris, atau cara menggarnish dengan cantik tanpa membuang-buang bahan makanan. Memanfaatkan bahan yang ada , sesuai porsi yang udah ditentukan sama gurunya dan di promosikan di sekitar sekolah. Harus PD masuk ruang guru dan membujuk tiap siswa/siswi demi dagangan laku. Boga, bukan soal masak aja. Bukan soal hal sepele yang bisa diremehin. Anak SMK gak segampang itu, gak segampang anak-anak SMA yang masih suka mandang kita sebelah mata, pake mata kiri pula. Kalo dilihat dari segi akademik, kita mungkin memang kalah dari anak SMA, tapi kita gak sebodoh itu kalian cuma gak tau cara kita belajar disekolah itu out of the woods yo ! *oposih*. But, aku bisa pastikan kalo kalian jadi anak SMK, seminggu yang full praktek itu paling juga angkat tangan (kayanya). 

My first really first ujian praktek itu aku asli takut banget. Waktu diumumin, seketika jantung ku berdegup lebih kencang, tiba-tiba berasa ada angin kencang yang seolah berlari dan menghantamku mencoba merubuhkan keteguhan hatiku untuk bertahan. Padahal cuma buat perkedel kentang :v ah elah. Setelah pengalam pertama itu, ujian kedua,ketiga dan seterusnya aku jadi lebih PD walaupun, suka curang nyuri-nyuri kesempatan lihat resep gitu. 

Di pelajaran praktek aku emang murid biasa yang gak begitu menonjol, masakan yang aku buat rasanya pasti pas-pas an, ya enak tapi enaknya tu gak yang bikin WOW gitu lhoh. Cara penataan makanan ku juga tinggal taruh karena, aku emang bukan orang seni dan gak bisa nyeni. Buat garnish ? apalagi itu, paling males kalo disuruh buat garnish soalnya, harus teliti,tenang,sabar dan apalah apalah pokonya ga suka. Tapi, kalo di teori aku terhitung menonjol gitu, soalnya dapet 10 besar gitu lho :v. Setelah jadi anak pendiem di kelas 1, di kelas 2 khansa gamau lagi pendiem. Aku mulai jadi anak cerewet, banyak makan, gabisa berhenti jajan, cerdas, rajin pula :v. Di tahun ini, khansa kembali menjadi yang sepatutnya khansa. 

Kelas 3, setelah pualng dari PKL dan dapet banyak pengalaman disana, berjuanglah aku untuk ujian terakhir, ada ujian praktek /Tugas Akhir, Ujian Sekolah dan yang pasti UN. Alhamdulilah, semua berjalan lancar dan tinggal menunggu hasil sambil terus optimis biar bisa lolos SNMPTN (minta doanya lhoh). Di tahun ini, aku mulai kenal sama anak-anak gak jelas di kelas, kita deket banget sampe muncul julukan 'geng gadis' tiap hari hampir tiap hari, kita berlima kumpul di markas besar di rumahnya haikal jadi, geng gadis ini isinya 3 perempuan dan 2 laki-laki (tapi bukan lelaki sejati maaf :v ) 

Di Indonesia ini, banyak orang yang manggil nama kita padahal gaada unsur nama itu. Maksud gak ? jadi, kaya gini namaku khansa atau gak jarang orang-orang pada panggil ida tapi ini mereka panggil aku 'robot' padahal nama ku Khansa Amira Rosyida, aneh gitu kan ? terus nih, Haikal dipanggil jonggol, Tria/ Lestya dipanggil sle ole, Ica dipanggil amoy dan Waras dipanggil  gembrot kalo ini cocok soalnya dia emang gemuk :v. Sedeket itulah kita, sampe kayanya kalo gak ketemu bentar aja harus buru-buru ngumpul ke markas besar. Sampe akhirnya ujian memisahkan kita perlahan, sibuk menyiapkan mental dan otak karena bakal berjuang sendirian di depan layar komputer. Banyak caption mengharukan tentang perpisahan, chat nostalgia, obrolan gila, tingkah laku kekanak-kanakan yang menandakan kami, belum siap dengan perpisahan yang akan datang. 

3 tahun di Klaten, pisah dari orangtua, sempet bener-bener down dan gatau mau ngapain disini. Dulu, pikirannya gak bakal bisa sampe punya temen yang manjain aku banget <3 yang rela nganter jemput, dan aku repotin. Dulu ngiranya gak bakal dapet pengalaman apa-apa disini. Menghakimi keputusan orang tua yang memilih Klaten. Menyiksa diri karena rencana gak berjalan sesuai ekspektasi. Tapi begitulah, memang ALLAH menyiapkan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan, begitulah ALLAH membuat rencana dengan begitu indahnya sampai mempertemukanku pada sekolah ini, pada kota ini, pada teman teman ku yang berharga. 

Pesan buat adik-adik yang bakal jadi anak SMA/K/MA kemanapun tujuan kalian pilihlah dengan penuh pertimbangan.Pikirkanlah dengan masak akan kemana kalian setelah itu, karena perjuangan belum berakhir sampai di putih abu-abu saja. Jika, rencana kalian tak berjalan sesuai ekspektasi maka ikhlaskanlah karena yang kamu sukai belum tentu baik untuk mu dan yang kamu benci belum tentu buruk untuk mu. Allah adalah pembuat skenario yang baik, dan telah menyiapkan kisah menakjubkan jika kamu terus berusaha dan tetap optimis. 

Selesai sudah khansa dengan Klaten, setelah ini akan ke Jogja atau Semarang kah ? 

Sampai jumpa di masa yang lebih baik, XII JB 2 - SMK N 3 KLATEN. 
PROUD TO BE ANAK SMK  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Keindahan Candi Gedong Songo, Mitos, Legenda dan Keunikannya

Bosan dengan Wisata Kota? Kunjungi Curug Lawe Benowo di Ungaran, Ini Daya Tariknya!

Anak SMK